Home » » IAIN Parepare dan UMB Jakarta Gelar Talkshow Budaya : Kenalkan Nilai Budaya yang Mulai Hilang

IAIN Parepare dan UMB Jakarta Gelar Talkshow Budaya : Kenalkan Nilai Budaya yang Mulai Hilang

Posted by LPM REDLINE on Oct 3, 2024


Talkshow Budaya Di Balai Seni IAIN Parepare


Kampus, Red Line News-- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare dan Fakultas Desain dan Seni Kreatif (FDSK) Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta menggelar Talk Show Budaya yang diadakan di Balai Seni dan Budaya IAIN Parepare, Kamis (03/10).

Kegiatan ini mengusung tema "Implementasi Tata Nilai Budaya Lokal dalam Industri Ekonomi Kreatif." Adapun yang menjadi Narasumber dalam acara Talk Show ini yaitu Irfandi Musnur, S.Pd, M.Sn selaku Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) UMB, Andi Oddang Opu to Sessungriu selaku Cendekia, Budayawan Kedatuan Luwu Sulawesi Selatan dan Mustika Syarifuddin, S.Pd, M.Sn selaku Ketua Program Studi Pariwisata Syariah IAIN Parepare sebagai Moderator dalam agenda ini.

Mustika Syarifuddin dalam sambutannya mengungkapkan bahwa tema yang diangkat berdasarkan gabungan dari dua prodi. "Kegiatan Talk Show Budaya dengan Tema yang ibu angkat yaitu Implementasi Tata Nilai Budaya Lokal dalam industri Ekonomi Kreatif, disini ada dua prodi yaitu pariwisata dan ekonomi.

Mustika juga berharap dengan kegiatan ini dapat diterapkan dan diimplementasikan. "Harapannya dari talk show ini adik-adik dapat memahami bagaimana nanti menerapkan dalam dunia kerja atau edukasi masyarakat, dan bagaimana dalam melalukan kegiatan ekonomi itu serta mengimplementasikan dan menerapkan nilai-nilai budaya kita,” ucapnya.

Jabal Nur selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pariwisata Syariah mengatakan, Kegiatan Talk Show budaya ini memberikan edukasi mahasiswa di zaman budaya yang mulai dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. "Kegiatan yang diselenggarakan di Balai seni IAIN Parepare ini sangat mengedukasi mahasiswa apalagi di zaman sekarang ini, dimana nilai-nilai budaya secara perlahan tergerus secara perlahan apalagi perkembangan teknologi yang begitu pesat," katanya.

Jabal berharap semoga dengan adanya Talk Show ini bisa memberikan kesadaran kepada orang-orang khususnya mahasiswa agar tetap melestarikan nilai dan budaya secara turun-temurun. "Talk show ini akan memberikan dampak positif bagi mahasiswa agar nilai-nilai budaya kita khususnya di Sulawesi Selatan dapat kita lestarikan. Harapan saya dengan adanya talk show ini dapat memotivasi mahasiswa agar tetap melestarikan nilai-nilai budayanya sampai turun temurun dan mengetahui identitasnya sendiri sebagai orang Sulawesi," tutupnya.


Reporter: HJR

Redaktur: ALY

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE