Home » » GENCAR: Inisiatif IAIN Parepare Tingkatkan Kefasihan Mahasiswa dalam Membaca Al-Quran

GENCAR: Inisiatif IAIN Parepare Tingkatkan Kefasihan Mahasiswa dalam Membaca Al-Quran

Posted by LPM REDLINE on Sep 14, 2024

 

Mahasiswa Baru Ikut Serta Gerakan Baca Al-Qur'an (Gencar)

Kampus, Red Line News-- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare gelar kegiatan Gerakan Baca Al-Qur'an (Gencar) yang dikhususkan untuk mahasiswa baru angkatan 2024, dan bekerja sama dengan pihak Ma'had Al-Jamiah, Sabtu (14/09).

Kegiatan ini berlangsung mulai bulan September 2024 hingga bulan Februari tahun 2025. Jumlah peserta yang terdata untuk mengikuti Gencar tahun angkatan 2024 ini sebanyak 345 orang.

Siti Fauziah selaku Ketua Panitia, mengungkap bahwa kegiatan ini diupayakan untuk mereka yang bacaan Al-Qur'annya kurang tetapi masih ada yang tidak mau ikut. "Kami sudah mengupayakan sampai Program Studi nya, Fakultasnya, bahkan kami sudah menghubungi orang tuanya tapi masih ada saja yang tidak ikut padahal kegiatan ini hadir untuk memfasilitasi kalian yang terdeteksi bacaannya kurang," ungkapnya.

Ia juga menambahkan konsekuensi yang akan diterima jika tidak mengikuti GENCAR ini. "Sertifikasi tidak akan diuji apabila tidak ada sertifikat Gencar begitu juga ketika ingin keluar Kuliah Kerja Nyata (KKN). Jadi yang ikut tidak akan diberikan sertifikat itu otomatis mereka akan terdata lagi sebagai peserta Gencar tahun depan," tegasnya.

Maila Khaerani selaku pembina Ma'had Al-Jamiah, menjelaskan bahwa mahasiswa yang kurang bacaan Al-Qur'annya menjadi yang peserta Gencar. "Pesertanya tidak semua Maba tetapi apabila ada mahasiswa baru yang kurang dalam bacaan Al-Qur'an nya maka itulah yang menjadi peserta Gencar yang akan dibina bacaan Al-Qur'annya selama satu bulan di Ma'had Al-Jami'ah," jelasnya.

Nur Syafhira selaku peserta Gencar, menuturkan bahwa kegiatan ini wadahnya belajar mengaji dan berharap agar tidak berkecil hati. "Ini Gencar menjadi wadah untuk belajar ulang mengaji dan saya sudah disurati dari pihak kampus untuk mengikuti kegiatan ini dan mudah-mudahan yang ikut Gencar tidak berkecil hati dan justru seharusnya berbangga diri karena difasilitasi oleh kampus," tuturnya.


Reporter: AML, ANR

Redaktur: AML

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE