Home » » Mahasiswa KKN IAIN Parepare Gelar Baitul Maal, Warga: Mudah Mudahan Amanah Seterusnya

Mahasiswa KKN IAIN Parepare Gelar Baitul Maal, Warga: Mudah Mudahan Amanah Seterusnya

Posted by LPM REDLINE on Aug 2, 2024

 

Pengajian dan Pembentukan Baitul Maal Wattamwil di Mesjid Jami' Khairul Bariyah Desa Kurma

Kampus, Red Line News-- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 35 Gelombang ke-II Posko 68 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar Pengajian dan Pembentukan Baitul Maal Wattamwil di Mesjid Jami' Khairul Bariyah Desa Kurma, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Jumat (02/08).

Kepala Desa Kurma, Baharuddin menjelaskan bahwa Baitul Maal ini salah satu sarana pembayaran Zakat. "Jadi sebenarnya itu Baitul mal adalah tempat melakukan pembayaran Zakat, pembayaran infak dan pembayaran sedekah," terangnya.

Ia juga mengatakan bahwa penyaluran zakat ini akan di berikan kepada warga yang membutuhkan di Desa Kurma. "Zakat infak dan sedekah yang terbayarkan di desa kurma itu juga mengalir ke desa kurma supaya ke depannya kalau lembaga-lembaga zakat lain yang kemudian ditempati masyarakat Desa Kurma menyalurkan zakatnya, maka bentuk-bentuk zakat yang terbayarkan infak yang kita keluarkan sedekah itu mengalir kepada orang-orang yang memang membutuhkan di wilayah Desa Kurma," ungkapnya.

Kordinator Desa (Kordes), Arya Suriyadi menuturkan bahwa Baitul Maal ini bertujuan agar penyaluran zakat di Desa Kurma lebih mudah dan merata. "Tujuan dari Baitul Maal ini untuk memudahkan penyaluran zakat warga desa kurma dan juga untuk membuat zakat warga desa kurma lebih merata di desa kurma," tuturnya.

Lanjut Arya Suryadi juga berharap agar Program Kerja Baitul Maal yang ia laksanakan ini bisa tetap berjalan dan bermanfaat bagi masyarakat untuk seterusnya. "Kami memilih Baitul Maal untuk Menjadi Program kerja karna banyaknya persawahan di Desa Kurma yang pastinya membuat zakat pertanian yang harusnya bisa dikelola dengan baik namun tidak terurus dengan baik karena tidak adanya lembaga seperti baitul maal di Desa Kurma dan semoga setelah kami (Mahasiswa KKN) pergi, baitul maal ini akan tetap berjalan dan semoga bisa lebih besar dan lebih bermanfaat di desa kurma ini," sambungnya.

Salah seorang warga Desa Kurma, Supriadi mengatakan, dengan adanya Baitul Maal ini dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk menyalurkan zakatnya karena bisa lebih terarah kan. "Ini bisa membantu yang tidak mampu dan juga ini orang yang mengeluarkan zakat ada masyarakat tidak tahu diserahkan kemana, jadi dengan adanya ini bisa langsung diarahkan dan mudah-mudahan amanah seterusnya," pungkasnya.


Reporter: AML

Redaktur: ALY

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE