Home » » Expo Kewirausahaan Dibuka dengan Pemotongan Pita oleh Rektor IAIN Parepare

Expo Kewirausahaan Dibuka dengan Pemotongan Pita oleh Rektor IAIN Parepare

Posted by LPM REDLINE on Aug 26, 2024

 

Pembukaan Expo Kewirausahaan


Kampus, Red Line News-- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare kembali menggelar Expo Kewirausahaan yang berlangsung dari 26 hingga 29 Agustus 2024. Kegiatan ini berlokasi di depan Gedung Perpustakaan, di belakang Gedung Rektorat IAIN Parepare. Acara ini secara resmi dibuka dengan pemotongan pita oleh Rektor IAIN Parepare, Senin (26/08). 

Terdapat 27 tenant yang berpartisipasi dalam expo ini, termasuk Bank Syariah Indonesia (BSI), enam UMKM, satu sekolah SMA, dan 20 tenant lainnya yang diisi oleh mahasiswa dari berbagai program studi.

Misdar, selaku penanggung jawab expo, menjelaskan bahwa expo tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. "Expo kewirausahaan sebenarnya dilakukan setiap tahun, dan dirangkaikan dengan expo setelah akhir semester untuk mata kuliah kewirausahaan, namun kali ini diperluas ke expo kewirausahaan ke UMKM, sekolah SMK/SMA sekota Parepare, dan mahasiswa IAIN sendiri. Dan rencana akan dilakukan rutin nantinya dirangkaikan dengan PBAK dan rencana peserta akan diperluas nantinya ke banyak UMKM binaan," jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa output dari kegiatan expo kewirausahaan ini adalah untuk mencetak enterpreneur muda dari kalangan mahasiswa yang kelak akan menjadi pengusaha handal. "Sebenarnya output dari Pusat Inkubasi Bisnis LP2M, agar bisa mencetak entrepreneur muda dari kalangan mahasiswa dan cikal bakal nanti menjadi entrepreneur handal baik masih berstatus mahasiswa maupun setelah alumni nantinya, dan ke depannya Pusat Inkubasi Bisnis akan membentuk komunitas wirausaha muda di kalangan mahasiswa," lanjutnya.

Ima dan Nabila Muzakkar, siswi dari SMA Negeri 4 Parepare, yang merupakan salah satu pemilik tenant usaha, memberikan tanggapan terkait expo kewirausahaan ini. Mereka merasa senang karena expo ini memperkenalkan mereka pada lingkungan kampus, yang sebelumnya tidak mereka kenal. "Tahun lalu juga diadakan expo seperti ini, tapi belum ada orang luar yang diundang sama sekali. Menurut saya pribadi, ini sangat luar biasa sekali karena kami sebagai anak SMA yang tadinya tidak mengenal kampus ini menjadi kenal, dengan adanya ini juga menjadi pengenalan tersendiri bagi kami terhadap lingkungan yang ada di kampus ini. Jadi ini dapat menarik minat bagi kami siswa-siswi SMA untuk melanjutkan perguruan tinggi kami di sini," ungkapnya.

Rektor IAIN Parepare, Hannani menyampaikan harapannya dalam sambutannya agar segera dilakukan penataan, pembinaan, dan pendampingan terkait minat dan bakat mahasiswa dalam berwirausaha. "Benar yang dikatakan oleh Ketua LP2M bahwa tantangan terbesar bagi kita di IAIN Parepare ini sebagai perguruan adalah melahirkan para entrepreneur, para mahasiswa-mahasiswa dan alumni yang memiliki semangat entrepreneurship. Saya kira ini harus kita kembangkan mulai dari sekarang, oleh karena itu saya sangat berharap sekali supaya dilakukan segera penataan terkait dengan minat dan bakat mahasiswa terkait dengan kewirausahaan, juga dilakukan pembinaan dan pendampingan terkait dengan bisnis-bisnis konvensional," harapnya.


Reporter: NHR, NVL, NRK

Redaktur: MDN

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE