Home » » Mahasiswa KKN IAIN Parepare dan Masyarakat Tapango Barat Gotong Royong Wujudkan Lingkungan Asri

Mahasiswa KKN IAIN Parepare dan Masyarakat Tapango Barat Gotong Royong Wujudkan Lingkungan Asri

Posted by LPM REDLINE on Jul 30, 2024

 

Program "Jumat Bersih" KKN Posko 59 IAIN Parepare


Kampus, Red Line News-- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler II Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare Angkatan 35 Posko 59 berpatisipasi dalam program "Jumat Bersih" bersama masyarakat di lapangan Dusun 1 Takaturung Desa Tapango Barat, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar, Selasa (30/07).

Program "Jumat Bersih" sendiri bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan di desa, dengan melibatkan masyarakat secara aktif dalam menjaga dan merawat lingkungan sekitar. Dimana pelaksanaannya dimulai dari pukul 07:00 hingga 11:00.

Kepala Desa Tapango Barat, Abdul Hamad mengungkapkan bahwa Keterlibatan mahasiswa dalam pelaksanaan gotong royong menjadi suatu motivasi bagi pemerintah desa. "Keterlibatan mahasiswa dalam pelaksanaan gotong royong juga merupakan suatu motivasi buat pemerintah desa untuk mengacu kedepan dan bagaimana membentuk masyarakat yang sadar diri akan kebersihan," ungkapnya.

Lanjut ia juga mengucapkan rasa terima kasih kepada mahasiswa KKN IAIN Parepare dan berharap kedatangan mahasiswa KKN setiap tahunnya untuk kemajuan desa. "Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN IAIN Parepare karena turut membantu dalam pembersihan desa dan kami akan selalu mengadakan hal seperti ini setiap pekanya dan aparat desa sangat mengharapkan kedatangan mahasiswa tiap tahunnya karena membantu dalam kemajuan dan pembersihan desa," ucapnya.

Sementara itu Kordinator Desa (Kordes) KKN Posko 59 IAIN Parepare Muh Fajar Aswatullah menjelaskan, tujuan dari kegiatan tersebut dan manfaat partisipasi aktif mahasiswa KKN IAIN Parepare bagi masyarakat. "Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan, tetapi juga mempererat tali silaturahmi antar warga. Dengan gotong royong, semua lapisan masyarakat bersatu membersihkan lapangan desa. Partisipasi aktif dari mahasiswa KKN IAIN Parepare tidak hanya membantu dalam menjaga kebersihan lingkungan, tetapi juga memberikan motivasi dan inspirasi bagi warga desa untuk lebih peduli terhadap kebersihan dan keindahan desa," terangnya.

Ia juga berharap agar kegiatan gotong royong tersebut dapat terus terlaksana dengan baik. "Saya berharap kegiatan gotong royong yang melibatkan seluruh elemen masyarakat ini, termasuk mahasiswa, dapat terus dilaksanakan secara rutin di desa Tapango Barat. Semoga semangat gotong royong ini dapat memperkuat rasa kebersamaan dan tanggung jawab bersama dalam menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman bagi kita semua," tutupnya.


Reporter: UMR

Redaktur: ALY

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE