Home » » IAIN Parepare Gelar Seminar Internasional Moderasi Beragama untuk Kuatkan Kebudayaan dan Kerukunan

IAIN Parepare Gelar Seminar Internasional Moderasi Beragama untuk Kuatkan Kebudayaan dan Kerukunan

Posted by LPM REDLINE on Jul 17, 2024

 

Pamflet Seminar Internasional Moderasi Beragama

Kampus, Red Line New-- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menyelenggarakan Seminar Internasional Moderasi Beragama, yang bertempat di lantai 5 Perpustakaan IAIN Parepare. Seminar ini mengusung tema "Peran Islam dalam Penguatan Kebudayaan dan Kerukunan.", Kamis (18/07). 

Kegiatan ini menghadirkan berbagai pembicara terkemuka, antara lain Prof. Dr. AGH. Abd. Rahim Arsyad, Lc., MA (Majelis Syuyuk PB DDI/Ketua STAIN Parepare 2006-2014), Prof. Dr. Syekh Athiyah As-Sayyid Athiyah Abdul 'Al (Wakil Dekan Kuliah Tarbiyah Universitas Al-Azhar, Mesir), Prof. Dr. Syekh Khalaf Ad-Deib Utsman Muhammad (Guru Besar Metode Pengajaran Bahasa Arab pada Kuliah Tarbiyah Universitas Al-Azhar, Mesir), Prof. Dr. Syekh Hamidy Shalah (As-Sayyid Sulaiman al-Hudhud, Dekan Kuliah Banat Universitas Al-Azhar, Mesir), dan Dr. Syekh Abd. Nashir 'Iwad (Direktur Utama Markaz Alson, Mesir). Kegiatan ini juga dihadiri oleh para guru besar, dosen, dan mahasiswa IAIN Parepare.

Seminar ini diselenggarakan oleh Pusat Studi Moderasi Agama, Departemen Penelitian Ilmiah, dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat.

Rektor IAIN Parepare, Prof. Dr. Hannani, M.Ag, mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para tamu terhormat dari Universitas Al-Azhar di Mesir. "Pertemuan ini sangat berharga dan berkontribusi untuk memperkuat hubungan antar lembaga. Terima kasih dan penghargaan kepada lulusan Universitas Al-Azhar yang telah memberikan kontribusi besar dalam mengembangkan institusi kita. Kami bangga di hadapan para wisudawan Al-Azhar yang telah berprestasi dan menjadi panutan kita semua atas kontribusi mereka di bidang ilmiah dan kepemimpinan. Kesempatan ini memungkinkan kita semua untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman," tuturnya.

Salah seorang mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) yang menghadiri kegiatan Seminar, Wawan, mengapresiasi kegiatan tersebut yang memberikan kesan luar biasa dalam menumbuhkan bingkai moderasi beragama. "Pertama-tama, saya bersyukur dapat hadir pada kegiatan ini serta mengapresiasi penuh kepada pihak kampus atas acara yang luar biasa ini. Seminar internasional kali ini memberikan kesan yang luar biasa karena pembahasannya sangat berisi dengan keilmuan yang luar biasa dari para narasumber. Tema pada seminar ini masih relevan untuk kita pahami bersama, khususnya dalam menumbuhkan bingkai moderasi beragama di Indonesia maupun skala global," ungkapnya.

Wawan juga berharap agar kegiatan seperti ini terus terlaksana. "Saya berharap ke depannya kegiatan ini dapat terlaksana kembali dengan menghadirkan lebih banyak narasumber serta mengundang tamu undangan yang lebih luas lagi sehingga akan menghidupkan nuansa akademik serta sosialisasi penuh konsep moderasi beragama itu sendiri," harapnya.


Reporter: ANR/DLR

Redaktur: MDN

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE