Home » » HMPS MAZAWA Hadirkan Seminar Nasional, Membangun Generasi Muda Berprestasi dan Berdaya

HMPS MAZAWA Hadirkan Seminar Nasional, Membangun Generasi Muda Berprestasi dan Berdaya

Posted by LPM REDLINE on Jun 1, 2024

 

Seminar Nasional Di Gedung Perpustakaan


Kampus, Red Line News-- Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Manajemen Zakat dan Wakaf (MAZAWA), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare Mengadakan Seminar Nasional di Gedung Perpustakaan Lantai 5 IAIN Parepare, Sabtu (01/06).

Muzdalifah Muhammadun selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) mengatakan dalam sambutannya, maksud dari kegiatan ini. “Apa yang di maksud disini bahwa tentunya gerakan yang di rencanakan oleh baznas dan program-program mereka buat itu memberikan peluang yang besar para anak-anakku yang dari mahasiswa prodi manajemen zakat waqaf," ucapnya.

Ia juga menambahkan, kegiatan ini bertujuan mengingatkan kembali tentang pentingnya memahami perintah mengeluarkan zakat. "Disamping ada lembaga zakat yang lain memang sedang lagi naik down artinya kita disini marak-maraknya lagi semangat-semangatnya untuk menguatkan kembali bagaimana pada saat umat Islam ini tau dan faham literasi dengan perintah mengeluarkan zakat," katanya.

Perwakilan dari ketua panitia yakni Arni Nasirah mengungkapkan, kegiatan ini merupakan program kerja utama HMPS Manajemen Zakat dan Wakaf. "Kegiatan ini adalah kegiatan tahunan yang merupakan salah satu program kerja utama HMPS Manajemen Zakat dan Wakaf. Namun, ada beberapa teknisi yang di upgrade setiap tahunnya. Seminar nasional tahun 2022 itu yg diundang sebagai narasumber adalah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Barru dan Parepare. Pada tahun 2023 yang diundang sebagai narasumber adalah baznas Enrekang. Dan pada tahun ini kami mengundang ketiga-tiganya," ungkapnya.

Arni Nasirah juga menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran dan pengetahuan tentang Zakat. "Peserta yang di targetkan yaitu kurang lebih 227 orang dan Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu pertama khusus untuk mahasiswa prodi MAZAWA diharapkan lebih menguasai ilmu atau wawasan mengenai pengelolaan zakat," jelasnya.

Salah seorang mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Manajemen Zakat dan Wakaf Izzatul Musyarafah menuturkan tanggapannya mengenai kegiatan ini. "Diadakannya seminar ini menjadi salah satu ajang silaturahmi kepada peserta dari prodi-prodi lain sekaligus silaturahmi kepada ketiga narasumber yang hadir pada seminar hari ini yaitu dari BAZNAS Parepare, BAZNAS Enrekang dan juga BAZNAS Barru,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, BAZNAS sudah mengikuti zaman untuk mengumpulkan atau mengelola dana zakat yang mempengaruhi pemberdayaan ekonomi masyarakat. "Seiring zaman media yang digunakan telah berkembang seperti pembayaran zakat bisa melalui berbagai macam media sosial. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap pemberdayaan ekonomi karena semakin luas pengetahuan masyarakat mengenai BAZNAS ini, semakin banyak pula penyaluran dana zakat ke BAZNAS tersebut, sehingga pemberdayaan ekonomi dapat meningkat,” tuturnya.


Reporter: HJR,NAR

Redaktur: ALY

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2015 LPM REDLINE. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating LPM RED LINE